7.7.09

Instrument Ranges Scale

Tehnologi midi memungkinkan sebuah controller atau keyboard dapat memainkan berbagai macam alat musik. baik preset sound yang sudah tersedia di bank keyboard kita, atau yang belum ada dengan cara sampling. Tengoklah preset sound GM ( General Midi ) disana tersedia berbagai alat musik dari jenis petik, pukul, tiup, gesek, dsb. Walaupun pada kenyataanya sound-sound tersebut tetap berbunyi apabila kita memencet keyboard dari ujung kiri ( C0 ) hingga ujung kanan ( C8 ). Namun sebenarnya dari masing-masing instrument itu mempunyai ‘daerah kekuasaan’ atau ranges sendiri-sendiri.

Bagi para pembuat sequencer midi ataupun arranger, aturan ini mutlak untuk di fahami dan di amalkan, agar hasil karya yang kita buat, menjadi satu komposisi yang nggak menyakiti telinga, natural atau kalau Pak Bondan bilang ‘mak nyusss… ‘


Begitupun sebaliknya, jika kita memainkan nada sebuah instrument diluar range yang telah di gariskan, maka sound yang dihasilkanpun akan menyalahi kodratnya.

Kita ambil contoh, sound flute range scale standard-nya ada di nada key dari C3 sampai C6, bila dimainkan di atas nada C6 maka sound yang di hasilkan akan kecil alias ‘kunthet’. nggak ada larangan sih, ini sah-sah saja, cuman orang yang mendengarkan, akan punya persepsi bahwa flute yang sedang anda mainkan adalah sebesar ‘pulpen’.

Berikut ini adalah tabel Instrument Ranges :

instrument_ranges

Orchestra Tune Percussion :
Glockenspiel : G4 – C7
Xylophone : F3 – C7
Vibraphone : F2 – F5
Marimba : A1 – C6
Bass Marimba : A0 – A4
Tubular Bells : C3 – F4
Celeste : C3 – C7
Harpsichord : F0 – F5
Harp : C0 – G6
Timpani : E1 – C2


String And Brass :
Violin : G2 – G6
Viola : C2 – G5
Cello : C1 – E4
Double Bass : E0 – G3
Tuba : E0 – Bb2
Bass Trombone : Bb0 – G3
French Horn : Bb0 – F4
Trumpet : G2 – Bb4
Trombone : E1 – C4


Wood Wind :
Piccolo : D4 – Gb6
Flute : C3 – C6
Alto Flute : G2 – G5
Oboe : Bb2 – G5
Cor Anglais : E2 – A4
Clarinet : D2 – Bb5
Bass Clarinet : D1 – F4
Basson : Bb0 – Eb4
Contra Basson : Bb1 – F2


General Picth :
Male Voice : F1 ( Bass ) – Bb3 ( Tenor )
Male Voice : E2 ( Contranto ) – C5 ( Soprano )
Guitar Open String : E1 – A1 – D2 – G2 – B2 – E3
Guitar Top Note : C5
Bass Guitar Open String : E0 – A0 – D1 -

Selamat berkarya,
* Dari Berbagai Sunber

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

5 Posting Terbaru


Tips dan Trik Cepat Menyetem Gitar

Putar tuner (penala) senar gitar perlahan, petiklah beberapa kali (dengan tangan satunya), bandingkan dengan senar lain hingga sama nadanya, dengan ketentuan seperti berikut :
Baca Selengkapnya....

Cara Belajar Musik Otodidak Vs Akademik

Sangat salah jika terdapat anggapan bahwa musik hanyalah milik para musisi profesional atau akademisi. Hampir seluruh celah-celah kehidupan manusia telah diisi dengan musik sejak beribu tahun lalu. Mulai dari upacara peribadatan hingga gemerlapnya hiburan malam. Kini, ketertarikan masyarakat terhadap musik kian besar.
Baca Selengkapnya....

Belajar Piano Dengan Piano Digital

Mengingat harga piano akustik baru masih tergolong sangat mahal sementara piano akustik bekas (piano second) juga tidak menjamin mutu suara yang dihasilkan, ada baiknya piano digital menjadi sebuah alternatif bagi seorang siswa piano pemula. Disamping harganya lumayan murah, kualitas suaranya tidak begitu jauh berbeda dengan piano akustik.
Baca Selengkapnya....

Musik Pop Sunda

Musik pop Sunda merupakan representasi dari kreativitas musisi Sunda. Genre musik ini tidak bisa melepaskan diri dari jasa Koko Koswara (alm) yang lebih populer dengan julukan Mang Koko. Ia sempat membidani kelahiran beberapa musisi pop Sunda untuk meramaikan jagat musik Nusantara, di antaranya Nano S, yang menggubah pop Sunda dengan menggabungkan...
Baca Selengkapnya....

Kamus HTML Praktis

Buat kamu yg suka ngutak ngutik site/blog, kamu bisa mempermudah pencarian kode atau script html dengan software yang namanya tuh Boogiemans HTML 301. Software ini lumayan lengkap. Diantaranya ada code COUNTER nya... truss ada HEX COLOR CODE nya.. pokok nyah banyak deh...
Baca Selengkapnya....