9.7.09

Belajar Piano Dengan Piano Digital

Mengingat harga piano akustik baru masih tergolong sangat mahal sementara piano akustik bekas (piano second) juga tidak menjamin mutu suara yang dihasilkan, ada baiknya piano digital menjadi sebuah alternatif bagi seorang siswa piano pemula. Disamping harganya lumayan murah, kualitas suaranya tidak begitu jauh berbeda dengan piano akustik.
Lagi pula belajar piano dengan piano digital memiliki tantangan tersendiri. Namun perlu diketahui bahwa keyboard bukanlah piano digital dan electone bukanlah piano digital. Piano digital memiliki jumlah tuts 88 sama seperti piano akustik, hanya saja piano digital bisa dimainkan jika disambungkan dengan listrik sementara piano akustik tidak demikian.

Disamping itu ada perbedaan utama, yang paling penting antara piano akustik dengan piano digital yaitu sentuhan (touching). Piano digital kekuatannya terletak pada arus listrik dimana tinggi suara yang dikeluarkan diatur oleh tombol volume sedangkan piano akustik diatur oleh tekanan jari sang pemain. Jadi seseorang yang biasanya memainkan piano digital akan mengalami kesulitan dengan sentuhan "touching" dalam piano akustik. Jari-jemarinya terlalu lemah dan ini merupakan masalah besar dalam memainkan piano akustik. Namun karena tidak ada pilihan, banyak siswa piano akustik hanya memakai piano digital. Tetapi ini tidak bisa berlangsung untuk selamanya jika ia ingin mendalami musik piano dengan sungguh-sungguh atau ingin menjadi seorang pianis profesional. Cepat atau lambat ia harus membeli piano akustik agar apa yang dicita-citakan dapat terwujud.

Di luar perbedaan antara piano akustik dan piano digital, harus diakui bahwa piano digital akan lebih menyenangkan khususnya bagi seorang pemula. Jika ia mulai belajar piano dengan piano digital, mungkin rasa kejenuhan dan kebosanan yang dimiliki siswa piano yang memakai piano akustik akan teratasi karena ia bisa mengeksplorasi berbagai fitur yang tersedia dalam piano digital. Ini merupakan penghiburan dan hal yang menyenangkan bagi seorang pemula.

Secara khusus, jika para orangtua merasa ragu untuk membeli piano akustik yang harganya mahal sementara anaknya baru mulai belajar musik piano yang mana belum tentu memiliki ketertarikan terhadap piano nantinya terus berkembang, maka saya menyarankan agar para orangtua lebih baik membeli piano digital. Meskipun nantinya anak tersebut tidak melanjutkan piano akustiknya, piano digital bisa dimainkan oleh siapa saja dan tetap bisa dipakai seperti memainkan keyboard. Namun saya menyarankan jangan belikan keybaord untuk menggantikan piano akustik. Meskipun jenis-jenis fitur instrumen yang tersedia dalam keyboard hampir sama dengan yang ada di piano digital, piano digital memiliki kelebihan yang luar biasa khususnya dalam jumlah tutsnya sama dengan piano digital. Hal ini penting agar ketika seorang siswa piano yang belajar di sekolah musik dengan memakai piano akustik tidak akan kaget atau kewalahan mencari kunci atau nada yang sama di piano digital. Namun jika membeli piano digital, belilah piano digital yang memiliki tuts yang agak berat sehingga sedikit banyak menyerupai piano akustik. Hal ini sangat menolong dalam pembentukan jari-jari anak anda yang memakai piano digital.

Dibawah ini saya memberikan ringkasan keuntungan belajar piano dengan piano digital. Pertimbangkanlah keuntungan-keuntungan berikut:

Pertama, harus diakui bahwa belajar piano dengan piano digital itu sangat menantang. Karena piano digital memiliki berbagai fitur dan fasilitas yang bisa dieksplorasi seorang siswa piano dalam meningkatkan kemampuan musikalnya. Dengan semua fitur dan fasilitas ini, ia akan terdorong untuk mencoba memanfaatkan fasilitas tersebut sesuai dengan seleranya sehingga ketertarikan terhadap musik itu semakin berkembang dan termotivasi untuk lebih mengetahui semua fitur yang tersedia. Yang paling menarik lagi bahwa ia bisa bermain musik dengan caranya sendiri di luar dari apa yang diajarkan gurunya. Amati saja anak anda jika sudah memiliki piano digital, ia akan lebih lama berada di depan piano digitalnya dibanding dengan piano akustik. Dengan kata lain, seorang siswa itu bisa menghilangkan kejenuhan dan kebosanan yang dialaminya ketika latihan.

Kedua, dengan piano digital seorang siswa piano bisa mencoba membuat komposisi-komposisi sederhana. Maksudnya adalah dengan fasilitas dan fitur yang tersedia, ia bisa pergunakan untuk mendampingi permainannya. Misalnya meskipun lagu yang dilatih di sekolah musik itu hanya not piano saja, ia bisa menambahnya dengan instrumen lain sehingga kedengaran lebih indah dan menyenangkan dan tentu ini akan membuang kebosanan dan kejenuhan. Dengan kegiatan seperti ini seorang siswa piano akan lebih bersemangat dan tertantang untuk terus berlatih dan mendalami piano.

Ketiga, dengan piano digital seseorang dapat mempergunakan teknologi musik. Piano digital menawarkan kemungkinan yang sangat luas dengan berbagai fasilitas yang dapat mengakses perangkat multimedia. Fasilitas Midi yang tersedia dalam piano digital akan membuka peluang bagi seorang siswa piano untuk menghadirkan teknologi musik dalam studionya. Dengan berkembangnya teknologi dan beredarnya berbagai software-software musik dapat dipergunakan dengan memakai piano digital. Dan semuanya ini akan dapat menanamkan ketertarikan dan mengembangkan musikalitas seorang siswa dalam bidang yang digelutinya.

Keempat, piano digital itu murah, lengkap dan praktis. Dengan berkembangnya teknologi masa kini, perbedaan antara piano akustik dengan piano digital semakin tipis. Bentuknya yang praktis dan ringan, membuat piano digital sangat efektif dan efisien, mudah dibawa kemana-mana dan tidak perlu dituning secara berkala. Harganya relatif lebih murah dibanding piano akustik yang baru, bahkan masih lebih murah dibanding piano akustik bekas. Sekalipun nantinya seorang siswa piano beralih ke piano akustik untuk pembentukan kekuatan jari-jemarinya, kehadiran piano digital di rumahnya akan memberikan nuansa tersendiri yang bisa dikolaborasi dengan piano akustik.

Sekarang tergantung pada para orangtua mau beli yang mana untuk buah hatinya. Berilah yang terbaik untuk anak-anak anda dan anda akan merasakan manfaat belajar piano bagi anak anda. Semoga berhasil. Salam musik.

Sumber : belajar-piano.com

1 komentar:

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak mengatakan...

Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

5 Posting Terbaru


Tips dan Trik Cepat Menyetem Gitar

Putar tuner (penala) senar gitar perlahan, petiklah beberapa kali (dengan tangan satunya), bandingkan dengan senar lain hingga sama nadanya, dengan ketentuan seperti berikut :
Baca Selengkapnya....

Cara Belajar Musik Otodidak Vs Akademik

Sangat salah jika terdapat anggapan bahwa musik hanyalah milik para musisi profesional atau akademisi. Hampir seluruh celah-celah kehidupan manusia telah diisi dengan musik sejak beribu tahun lalu. Mulai dari upacara peribadatan hingga gemerlapnya hiburan malam. Kini, ketertarikan masyarakat terhadap musik kian besar.
Baca Selengkapnya....

Belajar Piano Dengan Piano Digital

Mengingat harga piano akustik baru masih tergolong sangat mahal sementara piano akustik bekas (piano second) juga tidak menjamin mutu suara yang dihasilkan, ada baiknya piano digital menjadi sebuah alternatif bagi seorang siswa piano pemula. Disamping harganya lumayan murah, kualitas suaranya tidak begitu jauh berbeda dengan piano akustik.
Baca Selengkapnya....

Musik Pop Sunda

Musik pop Sunda merupakan representasi dari kreativitas musisi Sunda. Genre musik ini tidak bisa melepaskan diri dari jasa Koko Koswara (alm) yang lebih populer dengan julukan Mang Koko. Ia sempat membidani kelahiran beberapa musisi pop Sunda untuk meramaikan jagat musik Nusantara, di antaranya Nano S, yang menggubah pop Sunda dengan menggabungkan...
Baca Selengkapnya....

Kamus HTML Praktis

Buat kamu yg suka ngutak ngutik site/blog, kamu bisa mempermudah pencarian kode atau script html dengan software yang namanya tuh Boogiemans HTML 301. Software ini lumayan lengkap. Diantaranya ada code COUNTER nya... truss ada HEX COLOR CODE nya.. pokok nyah banyak deh...
Baca Selengkapnya....