1.3.08

Menyisipkan PHP atau Javascript dengan Jumi

Dalam joomla kadang kita menemui kesulitan ketika ingin memasang atau mengisikan kode php maupun javascript karena dalam settingan modul yang tersedia hanyalah input untuk html saja. Seperti misalnya ketika kita ingin memasang script adsense ataupun shoutbox dari 3rd party [pihak ketiga]. Berikut ini akan diberikan bagaimana menyisipkan kode-kode php maupun javascript dengan menggunakan ekstensi Jumi. Jumi merupakan ekstensi yang sangat berguna sekali dan mudah digunakan.

1. Download Jumi ekstension download disini.

2. Ekstrak file Jumi 1_10.zip sehingga didapatkan 2 buah file mod_jumi_1_10.zip dan plugin_jumi_1_01.zip.

3. Masuk ke dalam Joomla! Administrator Login.

4. Instal module mod_jumi_1_10.zip kemudian instal plugin / mambot plugin_jumi_1_01.zip.

5. Masuk ke dalam plugin / mambot manager pilih Jumi lalu aktifkan plugin jumi tersebut.

6. Copy kode php atau javascript ke dalam notepad lalu save dengan ekstensi .php [sample.php].

7. Upload file .php yang baru saja dibuat ke dalam public_html / includes di hostingan kamu.

8. Masuk ke dalam Module Manager - Jumi.

9. Pada bagian File pathname copykan url dimana kamu mengupload file .php tadi. Misalnya file tersebut di upload di public_html / includes berarti pada File pathname diisikan seperti ini : http://www.contoh.com/includes/sample.php

10. Argument values diisi dengan kode php atau javascript yang sudah dibuat. Jadi isi Argument values harus sesuai dengan yang ada di .php yang dibuat dari notepad. Jika melakukan perubahan pada file .php-nya maka pada Argument values juga harus dirubah.

11. Klik save.

Ini hanya merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan dan dengan Jumi sudah cukup membantu sekali dalam hal pemasangan kode php atau javascript. Kalo ada cara atau ektensi lain yang bisa membantu boleh disharing. Jika masih ada yang kurang jelas bisa pm atau comment dibawah.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

5 Posting Terbaru


Tips dan Trik Cepat Menyetem Gitar

Putar tuner (penala) senar gitar perlahan, petiklah beberapa kali (dengan tangan satunya), bandingkan dengan senar lain hingga sama nadanya, dengan ketentuan seperti berikut :
Baca Selengkapnya....

Cara Belajar Musik Otodidak Vs Akademik

Sangat salah jika terdapat anggapan bahwa musik hanyalah milik para musisi profesional atau akademisi. Hampir seluruh celah-celah kehidupan manusia telah diisi dengan musik sejak beribu tahun lalu. Mulai dari upacara peribadatan hingga gemerlapnya hiburan malam. Kini, ketertarikan masyarakat terhadap musik kian besar.
Baca Selengkapnya....

Belajar Piano Dengan Piano Digital

Mengingat harga piano akustik baru masih tergolong sangat mahal sementara piano akustik bekas (piano second) juga tidak menjamin mutu suara yang dihasilkan, ada baiknya piano digital menjadi sebuah alternatif bagi seorang siswa piano pemula. Disamping harganya lumayan murah, kualitas suaranya tidak begitu jauh berbeda dengan piano akustik.
Baca Selengkapnya....

Musik Pop Sunda

Musik pop Sunda merupakan representasi dari kreativitas musisi Sunda. Genre musik ini tidak bisa melepaskan diri dari jasa Koko Koswara (alm) yang lebih populer dengan julukan Mang Koko. Ia sempat membidani kelahiran beberapa musisi pop Sunda untuk meramaikan jagat musik Nusantara, di antaranya Nano S, yang menggubah pop Sunda dengan menggabungkan...
Baca Selengkapnya....

Kamus HTML Praktis

Buat kamu yg suka ngutak ngutik site/blog, kamu bisa mempermudah pencarian kode atau script html dengan software yang namanya tuh Boogiemans HTML 301. Software ini lumayan lengkap. Diantaranya ada code COUNTER nya... truss ada HEX COLOR CODE nya.. pokok nyah banyak deh...
Baca Selengkapnya....