1.3.08

Install Joomla 1.5 Secara Offline (Localhost)

Install secara offline maksudnya adalah melakukan instalasi didalam localhost atau melalui komputer kamu sendiri tanpa harus terhubung dengan internet. Dengan cara ini kamu bisa menikmati Joomla! layakanya sudah dipublish dalam internet. Manfaat lainnya adalah bisa sebagai trial atau ajang coba-coba sebelum mempublish web kamu yang menggunakan Joomla! ke dalam internet, jadi mo kamu apa-apain ga masalah, misalkan error bisa diutak-atik sendiri tanpa perlu khawatir dan lebih cepat karena tidak perlu koneksi internet.

1. Instal program XAMPP terlebih dahulu klik disini (buat yang belum punya).
2. Download latest version Joomla! 1.5.X klik disini.
3. Extract file Joomla_1.5.X-Stable-Full_Package.zip yang telah didownload.
4. Copy folder Joomla_1.5.X-Stable-Full_Package hasil extract dan paste kedalam
C:\xampp\htdocs.
5. Untuk lebih memudahkan rename nama folder Joomla_1.5.X-Stable-Full_Package tersebut menjadi joomla.
6. Buka browser kamu lalu ketikkan localhost/joomla pada adressbar, maka akan muncul halaman Joomla! Installation seperti pada gambar.
7. Pilih bahasa yang ingin digunakan. Klik Next.
8. Pada halaman Pre-installation Check sesuai ditunjukkan pada gambar dibawah. Hasil bisa berbeda nantinya ketika melakukan instalasi secara online. Klik Next.
9. Klik Next lagi pada halaman License.
10. Untuk Database Configuration bisa dilihat seperti pada gambar dibawah. Pada isian Database Name bebas kamu kasih nama sendiri. Untuk Instalasi secara online akan dijelaskan lebih lanjut.
11. Pada bagian FTP Configuration lewati saja klik Next.
12. Halaman Main Configuration isikan data-data sesuai kebutuhan dan klik button Install Sample Data. Hasilnya seperti pada gambar. Klik Next.
13. Finish. Congratulations! Joomla! is now installed. Sebelum klik tombol Site atau Admin hapus dulu folder installation yang ada dalam C:\xampp\htdocs\joomla.
14. Jika sudah klik tombol Site untuk masuk ke dalam site deafult Joomla! 1.5 kamu.
15. Untuk masuk kedalam admin panel silakan klik menu Administrator pada halaman site Joomla! atau ketik localhost/joomla/administrator pada addressbar browser kamu. Admin panel berfungsi untuk melakukan setting atau pengaturan terhadap site Joomla! yang kamu miliki (akan dijelaskan lebih lanjut).

Prinsip dasar instalasi Joomla! secara offline maupun online sama, hanya saja untuk online perlu penyesuain data-datanya. Silakan coba diexplorasi terlebih dulu baik site maupun admin panel dari Joomla! 1.5 paling tidak dengan ini kita sudah bisa mengenal seperti apa Joomla! itu. Jangan takut untuk mengutak-atik Joomla! ini karena ini masih dalam localhost kalo pun ada masalah belum terlalu merepotkan. Selamat mencoba semoga bermanfaat. Thanks.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

5 Posting Terbaru


Tips dan Trik Cepat Menyetem Gitar

Putar tuner (penala) senar gitar perlahan, petiklah beberapa kali (dengan tangan satunya), bandingkan dengan senar lain hingga sama nadanya, dengan ketentuan seperti berikut :
Baca Selengkapnya....

Cara Belajar Musik Otodidak Vs Akademik

Sangat salah jika terdapat anggapan bahwa musik hanyalah milik para musisi profesional atau akademisi. Hampir seluruh celah-celah kehidupan manusia telah diisi dengan musik sejak beribu tahun lalu. Mulai dari upacara peribadatan hingga gemerlapnya hiburan malam. Kini, ketertarikan masyarakat terhadap musik kian besar.
Baca Selengkapnya....

Belajar Piano Dengan Piano Digital

Mengingat harga piano akustik baru masih tergolong sangat mahal sementara piano akustik bekas (piano second) juga tidak menjamin mutu suara yang dihasilkan, ada baiknya piano digital menjadi sebuah alternatif bagi seorang siswa piano pemula. Disamping harganya lumayan murah, kualitas suaranya tidak begitu jauh berbeda dengan piano akustik.
Baca Selengkapnya....

Musik Pop Sunda

Musik pop Sunda merupakan representasi dari kreativitas musisi Sunda. Genre musik ini tidak bisa melepaskan diri dari jasa Koko Koswara (alm) yang lebih populer dengan julukan Mang Koko. Ia sempat membidani kelahiran beberapa musisi pop Sunda untuk meramaikan jagat musik Nusantara, di antaranya Nano S, yang menggubah pop Sunda dengan menggabungkan...
Baca Selengkapnya....

Kamus HTML Praktis

Buat kamu yg suka ngutak ngutik site/blog, kamu bisa mempermudah pencarian kode atau script html dengan software yang namanya tuh Boogiemans HTML 301. Software ini lumayan lengkap. Diantaranya ada code COUNTER nya... truss ada HEX COLOR CODE nya.. pokok nyah banyak deh...
Baca Selengkapnya....